Sabtu, 30 Agustus 2014

Wanita berpendidikan tinggi lebih rendah kadar kolesterolnya

Wanita berpendidikan tinggi lebih rendah kadar kolesterolnya

Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan bahwa wanita dengan pendidikan yang lebih tinggi memiliki kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang lebih rendah daripada wanita yang berpendidikan rendah atau tidak berpendidikan.
Para peneliti dari University of Cambridge ini menilai bahwa pendidikan tinggi akan membuat wanita lebih memiliki tingkat aktivitas yang padat. Sehingga kemungkinan menumpuknya kolesterol jahat karena kurang beraktivitas menjadi lebih rendah.

"Kecenderungan ini ditemukan setelah melakukan penelitian yang melibatkan beberapa wanita yang sedang menjalani pendidikan master. Setelah menghitung Indeks Massa Tubuh mereka dan membandingkan dengan wanita yang berpendidikan rendah, hasilnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh mereka lebih rendah," tulis penelitian ini.

Tak hanya itu. Fenomena rendahnya kolesterol ini juga ditemukan dalam tubuh pria yang lebih banyak melakukan pekerjaan dengan aktivitas fisik yang berat dibandingkan dengan mereka yang kerjanya hanya duduk seharian. Sebab pekerjaan statis ini hanya akan menimbun lemak penyebab kolesterol.




Kolesterol tinggi memberikan kontribusi besar terhadap pembentukan plak yang mampu menyumbat arteri di jantung. Kolesterol tinggi hanya akan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk terkena serangan jantung atau stroke.

Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar