Sabtu, 30 Agustus 2014

Tes kulit ini mampu deteksi penyakit jantung

Tes kulit ini mampu deteksi penyakit jantung
Selain serangan jantung atau tingginya kadar kolesterol dalam jantung, masih ada banyak jenis penyakit jantung lainnya. Salah satunya adalah atrial fibrillation atau AF. AF adalah penyakit jantung yang ditandai dengan denyut jantung yang tidak teratur. Karena penyakit ini sulit dideteksi secara dini, ditemukanlah tes kesehatan sederhana yang bisa mendeteksi penyakit ini.


Tes dengan bantuan webcam dan perangkat lunak tertentu ini bisa mendeteksi AF melalui perubahan warna kulit yang terjadi karena aliran darah. 

"Hemoglobin bisa diserap oleh cahaya. Sehingga perubahan warna darah di balik kulit yang tidak merata karena penyakit AF bisa dideteksi melalui alat ini," terang Dr Jean-Philippe Couderc dari Rochester University, Amerika Serikat. 

"Sebuah denyut jantung yang normal haruslah berkisar 60-100 kali per menit. Namun penyakit AF membuat denyut jantung bergerak lebih dari 140 denyutan per menit. Sehingga penyakit ini mampu meningkatkan risiko stroke sebab ruang atas jantung tidak mampu memompa secara efisien yang berpotensi menyebabkan pembekuan darah. Dalam kasus ekstrim, penyakit ini bisa menyebabkan gagal jantung dan penyakit Alzheimer," jelasnya.


Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar