Senin, 27 Oktober 2014

Rambut Berkilau Karena Masker Kacang Kedelai

Rambut Berkilau Karena Masker Kacang Kedelai
Setiap wanita tentu ingin mahkotanya terlihat indah dan sehat. Tak heran banyak wanita yang menjadikan perawatan rambut sebagai prioritas utama. Namun sering terkena panas matahari, terkena alat-alat styling rambut hingga bahan-bahan kimia membuat rambut kering dan kusam. Kacang kedelai dapat dijadikan masker untuk mengembalikan kilau rambut, serta membuat rambut lembab, lembut dan sehat. Seperti apa?

Rambut yang sehat merupakan rambut yang memiliki kulit kepala bersih dan bebas dari rasa gatal, terbebas dari masalah rambut seperti ketombe dan infeksi kulit. Rambut akan terlihat berkilau, mudah diatur, sehat serta memiliki ketebalan normal yang cukup dan tidak rontok parah. Jika rambut sudah memiliki ciri seperti itu maka rambut baru bisa dikatakan sehat. Namun jika belum memenuhi itu semua berarti masih ada masalah dalam rambut yang menyebabkan tidak sehat. Faktor lainnya adalah rambut kering, berarti menandakan rambut tidak sehat.

Menjaga rambut agar tetap sehat tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk perawatan di salon. Bahan-bahan alami yang dapat dibeli dengan harga terjangkau dapat dijadikan alternatif cerdas. Untuk itu Anda dapat menggunakan kacang kedelai sebagai masker rambut alami akan membantu mengembalikan rambut menjadi sehat, lembut, tidak kering dan berkilau kembali.

Kacang Kedelai. Kacang kedelai dikenal sebagai makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Selain mudah ditemukan, kacang kedelai juga memiliki harga yang jauh lebih murah daripada obat-obatan atau treatment kecantikan yang memakan biaya cukup mahal. Begitu banyak resep yang dapat diolah dari kacang kedelai, dan biasa dijadikan susu dan yoghurt. Kacang kedelai baik untuk kepadatan tulang dan menjaga berat badan, serta dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan untuk para wanita. Selain itu kacang kedelai dipercaya sangat baik untuk masalah kulit dan rambut.

Menurut Anne Kania Dewi, herbalis, kacang kedelai bisa mengatasi masalah kecantikan termasuk rambut karena mengandung protein, biotin, zat besi dan seng. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Berkat Kandungan gizinya yang banyak kacang kedelai sangat bermanfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Oleh Karena itu, konsumsi susu kacang kedelai secara rutin dapat mencegah kerontokan rambut. Selain dapat dimakan dan diminum langsung Kacang kedelai dapat digunakan menjadi masker untuk rambut.

Cara membuat masker kacang kedelai antara lain, siapkan kacang kedelai secukupnya lalu haluskan menggunakan blender atau ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Lalu campurkan dengan sedikit air hingga bubuk kedelai menjadi seperti pasta. Oleskan pada rambut kering sebelum dikeramas. Berikutnya tunggu hingga kurang lebih 5 menit, dilanjutkan dengan keramas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan treatment ini rutin setiap akan keramas. Kurang lebih selama tiga bulan, maka rambut akan kembali bersinar dan halus.

Menghindari Faktor Penyebab. Selain perawatan secara rutin dan dilakukan dengan benar, hal lain yang harus diperhatikan agar memiliki rambut tetap indah adalah dengan sebisa mungkin menghindari faktor penyebab rambut kering. Beberapa penyebab rambut menjadi rusak adalah seperti terlalu sering mencuci rambut. Hal ini dikarenakan sampo yang dijual di pasaran sering kali mengandung bahan yang keras dan dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut.

Pemakaian sampo yang baik seharusnya dilakukan 2-3 hari sekali dengan menggunakan sampo yang cocok dengan jenis rambut. Selain itu, perlakukanlah rambut dengan baik, karena ada tipe rambut yang mudah rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Hindari menggosok rambut dengan keras saat melakukan keramas, hal ini akan membuat rambut menjadi mudah patah.

Penggunaan kondisioner setelah keramas adalah hal yang wajib dilakukan, terlebih bagi pemilik rambut kering. Kondisioner akan melembabkan rambut sehingga dapat melindungi rambut, alhasil rambut akan lebih halus dan tidak rentan dari kerusakan. Pemilihan kondisioner harus diperhatikan, karena ada beberapa kondisioner yang banyak mengandung alkohol yang malah akan menyebabkan rambut menjadi kering.

Selain melakukan perawatan tersebut, sebaiknya juga menghindari penyebab kerusakan rambut dan mengetahui cara mengatasi rambut rusak. Memotong rambut secara teratur dapat mengurangi rambut bercabang pada bagian ujung rambut. Hentikan menggunakan alat penataan rambut yang menggunakan pemanas Seperti hairdryer dan alat catok rambut. Sebisa mungkin perlakukan rambut dengan lembut agar rambut yang telah dirawat tidak sia-sia.

Bekerja Maksimal. Jika telah mengetahui langkah menghindari dan mengatasi rambut, maka treatment menggunakan Kacang kedelai sebagai masker akan bekerja maksimal dan mempercepat mengembalikan rambut indah berkilau.

Selain berfungsi untuk mengembalikan kilau rambut, kacang kedelai juga dapat digunakan untuk mengatasi kuku rapuh. Konsumsi kacang kedelai secara teratur selama enam bulan akan membuat kuku kuat dan bersinar. Kacang kedelai juga mampu melembabkan kuku. Kacang kedelai juga dikenal sebagai obat untuk mengobati kuku yang terinfeksi jamur, dengan Cara mencelupkan kuku pada kecap kedelai maka kuku akan terbebas dari jamur.


Kacang kedelai merupakan pelembab alami kulit terlebih bagi mereka yang memiliki jenis kulit kombinasi maka akan melembabkan pada bagian kulit yang kering sekaligus mengikis kelebihan minyak. Selain itu kacang kedelai mampu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, bintik hitam bahkan garis-garis halus. Dengan manfaat kacang kedelai yang begitu banyak, tidak ada salahnya jika anda menjadikan kacang kedelai sebagai alternatif untuk perawatan kecantikan. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Posting Komentar