Selasa, 11 November 2014

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek
Rambut lepek identik dengan berminyak bahkan berketombe, tentu membuat penampilan terlihat tidak menarik dan kusam. Terkadang, meski sudah berdandan dengan make up, wajah tetap saja terlihat tidak segar karena tampilan rambut lepek. Dengan perawatan tepat seperti keramas, pemilihan sampo, creambath, jeruk nipis dan cuka apel dapat membuat rambut lepek kembali normal. Anda tidak perlu mengalami rambut lepek yang mengganggu penampilan. Nah seperti Apa?

Rambut dianggap sebagai mahkota wanita yang dijadikan pusat perhatian selain wajah. Rambut suatu bagian yang tentunya akan menambah penampilan seluruh bagian wajah dan tubuh nampak lebih sempurna. Untuk itu banyak wanita yang menginginkan mahkotanya terlihat sempurna Berbeda ketika mengalami permasalahan rambut seperti lepek dan berminyak. Rambut lepek biasanya cenderung berminyak dan berketombe karena terlihat lebih basah dan lembab.

Penyebab rambut lepek adalah ketidakseimbangan antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Sebum berupa kandungan minyak yang melembabkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. Namun, jika produksi minyak yang berlebihan maka menjadi masalah yang membuat rambut mengkilap, berat, dan lengket di kepala sehingga rambut menjadi lepek. Salah memilih sampo juga membuat rambut lepek. Begitu pula mengikat rambut dalam keadaan basah, terkena paparan sinar matahari langsung, debu dan terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak merupakan bagian yang membuat rambut menjadi lepek.

Cara Mengatasi. Untuk itu, sebagai perawatan pertama yang harus Anda ketahui adalah penyebab utama yang menyebabkan rambut menjadi lepek. Setelah itu, baru mengatasi rambut lepek tersebut baik dengan cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan melakukan treatment perawatan rambut di salon kecantikan.

Menurut Jacky Timurtius, hair and fashion stylist mengatasi rambut lepek harus dilakukan secara rutin agar hasilnya terlihat dan maksimal. Perawatan ini tidak didapatkan Secara instan, butuh waktu kurang lebih 2 minggu atau 1 bulan agar hasilnya dapat terlihat. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut lepek, sebagai berikut:

1. Keramas
Setiap Hari. Jika rambut Anda lepek sebaiknya keramas setiap hari. Selain menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada rambut atau kulit kepala, dengan keramas setiap hari minyak yang berlebih di kulit kepala akan hilang.

2.Pilih Sampo yang Sesuai. Pilih sampo yang sesuai jenis dan karakter rambut. Salah memilih sampo akan membuat rambut semakin lepek dan kulit kepala banyak mengeluarkan minyak. Produk atau sampo tersebut mengandung bahan kimia seperti dioxane, propylene glycol, lauryl sulfate, dan lain-lain, yang dapat menimbulkan minyak pada rambut sehingga menjadikannya lepek.

3.Cara Keramas. Ketika keramas, lakukan pembersihan rambut dengan bersih setelah menggunakan sampo sampai bersih. Jangan biarkan sisa sampo menempel pada kulit kepala atau rambut karena akan mengakibatkan bakal ketombe yang membuat rambut semakin lepek. Untuk keramas usapkan sampo mulai dari ujung rambut lalu ke bagian atas. Dengan begitu selain tidak lepek rambut tidak akan tipis pada bagian atas rambut.

4.Hindari Pemakaian Kondisioner. Pemilik rambut lepek sebaiknya tidak menggunakan Kondisioner. Dengan pemakaian kondisioner ke bagian pangkal rambut dan kulit kepala tentu akan membuat rambut semakin lepek. Namun, jika karakter rambut pada bagian pangkal akar rambut lepek dan berminyak, tapi di bagian ujung rambut terlihat kering, maka boleh digunakan kondisioner di ujung rambut.

5.Creambath. Untuk creambath diperbolehkan karena dapat berfungsi melancarkan peredaran darah dan menyegarkan kulit kepala. Pijatan juga berguna untuk memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam kulit kepala sehingga membuat kulit lebih sehat dan mengatasi kulit lepek. Namun pemakaian krim creambath harus disesuaikan dengan rambut lepek. Lakukan seminggu sekali jika rambut lepek terlalu parah.

6.Jeruk Nipis. Gunakan jeruk nipis setiap kali sebelum Anda keramas menggunakan sampo dan melakukan creambath. Caranya, oleskan jeruk nipis pada seluruh bagian kulit kepala secara merata selapis dengan jarak 2 cm. Tunggu 2-3 menit baru keramas. Untuk creambath, setelah dioleskan secara merata lakukan gerakan massage, baru mengoleskan krim creambath yang terdapat kandungan jeruk nipis.

7.Hindari Mengikat Rambut Basah. Saat rambut masih dalam keadaan basah sebaiknya hindari mengikat rambut. Terlebih jika Anda menggunakan jilbab. Karena dengan rambut yang masih basah lalu ditutup jilbab ataupun diikat akan mengakibatkan rambut lembab dan tentu akan membuat rambut menjadi tambah lepek.


8.Cuka Apel. Jika Anda ingin menggunakan cuka apel sebaiknya gunakan setelah keramas. Gantilah kondisioner dengan larutan cuka apel. Dengan rajin menggunakan cuka apel setiap keramas seminggu 2-3 kali, rambut akan bebas dari masalah rambut lepek dan kusam. Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus