Senin, 25 Agustus 2014

Gen kanker payudara juga tingkatkan risiko terkena kanker ovarium

Gen kanker payudara juga tingkatkan risiko terkena kanker ovarium
Seperti yang telah diketahui, kanker payudara mampu dipicu karena faktor keturunan. Hal ini berarti apabila ibu, nenek, atau salah satu anggota keluarga Anda terdahulu pernah terkena penyakit ini, maka Anda pun mempunyai risiko besar untuk mengidap penyakit yang sama juga.

Namun selain hal tersebut, seperti dilansir dari foxnews.com dikatakan bahwa gen kanker payudara juga mampu meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker ovarium.

Penelitian yang dilakukan di Florida, Amerika Serikat ini menemukan bahwa di dalam sampel 300 wanita dengan gen BRCA 1 (gen kanker payudara) ditemukan 4 kasus kanker rahim yang agresif.

"Hal ini memang mengejutkan. Namun walaupun tidak semua kasus kanker payudara berakhir dengan kasus kanker ovarium juga, sel kanker payudara akan bermutasi dan mampu berefek negatif pada kesehatan ovarium," kata Dr Karen Lu, seorang spesialis yang menangani kasus kanker di dalam tubuh wanita dari MD Anderson Cancer Center di Houston dalam menanggapi penelitian ini.

Walaupun begitu, bukan berarti ketika Anda terkena kanker payudara Anda diharuskan untuk langsung menjalani hysterectomy atau operasi pengangkatan rahim.

"Tetap diperlukan analisa lebih lanjut mengenai keterkaitan kedua jenis kanker ini. Para ahli kesehatan akan membantu Anda untuk memberikan jalan yang terbaik apabila hal tersebut terjadi pada diri Anda," tutupnya.


Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar