Senin, 04 Agustus 2014

Air Putih Bantu Atasi Rasa Lelah dan Kantuk di Awal Kehamilan

Apakah kamu merasa lebih mudah lelah dan mengantuk di awal kehamilan? Jangan diabaikan karena kehamilan bisa menggangu produktivitas di kantor.

Ada banyak aktivitas yang terjadi pada tubuh saat awal kehamilan. Tugas pertama tubuh jelas adalah membentuk sistem pendukung hidup untuk bayi, yaitu plasenta. Selanjutnya, hormon progesteron yang normalnya mengatur siklus reproduksi perempuan, mengalir semakin deras di dalam tubuhmu sehingga kamu sering merasa pusing. Metabolisme juga berubah dengan cepat, kadar gula darah jadi lebih rendah, begitu juga dengan tekanan darah. Akibatnya, kamu jadi gampang lelah.
Rasanya memalukan kalau setiap hari kamu harus kedapatan tertidur di meja kerja karena rasa kantuk yang tak tertahankan lagi. Karenanya, kamu butuh strategi khusus untuk menghadapi rasa capek dan kantuk ini, agar waktu produktifmu tidak terganggu. Coba lakukan tips berikut ini:
·         Bila tidak ada waktu untuk tidur siang karena harus ngantor, kamu sebaiknya tidur lebih cepat. Atau, kamu bisa tidur dalam perjalanan menuju atau saat pulang kantor (kalau tidak menyetir mobil sendiri). Pandai-pandailah mencari waktu, karena memejamkan mata 15 menit saja sudah bisa banyak membantumu merasa lebih segar.
·         Atur jadwal. Kalau di kantor kamu memungkinkan untuk bekerja dari rumah, coba manfaatkan. Kalau nggak, kamu bisa mengambil beberapa kali cuti di hari-hari tertentu (misalnya, setiap Rabu atau Jumat), supaya kamu tidak terlalu berat menjalani hari-hari kerja. Selain itu, kurangi keluar kantor bila memang tidak perlu.
·     Konsumsi makanan yang sehat. Sayuran, buah-buahan, serta daging tanpa lemak bisa memberi tambaha energi. Sementara makanan, seperti junk food malah menguras energi tubuhmu dengan cepat. Kalau kamu sering merasa tidak enak makan, sebaiknya biasakan makan dalam porsi kecil namun sering. Jangan lewatkan waktu makanapa pun alasannya. Simpan snack di tas supaya bisa dimakan kapan pun kamu butuh tambahan energi.
·         Banyak minum. Ketika tubuhmu kekurangan air, kamu bisa langsung lemas tak bertenaga. Karenanya, siapkan sebotol air di meja dan bawa juga botol kecil di tas ke mana pun kamu pergi. Ini akan membantu melancarkan aliran darah serta baik untuk kesehatan janin maupun kondisi air ketuban di dalam rahim.
·    Rileksasi diri. Sewaktu kamu mulai merasa ngantuk padahal mau ada meeting penting di kantor, berjalan-jalanlah sejenak mengelilingi kantor. Kamu juga bisa melakukan peregangan ringan di meja sambil mengatur napas. Sementara di rumah, kamu bisa menikmati sesi berendam di bathtub yang airnya telah diberi minyak esensial.

Sumber : Vemale.com


0 komentar:

Posting Komentar