Senin, 25 Agustus 2014

Menyusui mampu pangkas risiko kanker ovarium

Menyusui mampu pangkas risiko kanker ovarium
Sebuah penelitian yang dilansir dari healthmeup.com menemukan bahwa menyusui bisa menurunkan risiko kanker ovarium hampir 75%.

Penelitian yang dilakukan sebuah lembaga kesehatan di Australia ini melakukan penelitian yang melibatkan 493 wanita yang didiagnosis menderita kanker ovarium dan 472 sukarelawan yang sehat dengan usia yang sama dengan penderita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang menyusui anak mereka setidaknya hingga 13 bulan memiliki risiko 63% lebih rendah untuk terkena kanker ovarium. Kemudian para ibu yang memiliki lebih dari 3 anak dengan usia menyusui total selama 31 bulan juga memiliki peluang 91% lebih rendah.

Masih menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini menyusui diperkirakan dapat menunda ovulasi yaitu ketika sel telur dilepaskan dan ovarium terkena cairan yang kaya estrogen tingkat tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat ovulasi yang tinggi dapat meningkatkan pembentukan sel mutan yang dapat memicu penyakit.

Kanker ovarium sering dikenal sebagai silent killer karena gejalanya yang sering menipu seperti rasa kembung. Karena gejala ini hanya terasa seperti hal yang biasa maka banyak wanita yang mengabaikannya sebelum akhirnya berubah menjadi penyakit kanker yang berbahaya.


Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar