Senin, 25 Agustus 2014

Pulihkan tubuh setelah sakit dengan 4 nutrisi ini!

Pulihkan tubuh setelah sakit dengan 4 nutrisi ini!

Ketika sakit, banyak orang yang ogah makan karena makanan terasa tak enak di lidah. Ketika sudah sembuh, nafsu makan kembali lagi. Seringkali orang masih merasa lemah dan tak bertenaga setelah sembuh dari sakit. Karena itu, mengonsumsi makanan yang sehat setelah sembuh dari sakit sangat penting. Makanan yang sehat akan membantu mengembalikan nutrisi yang hilang dan membuat Anda kembali pulih lebih cepat.
Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu memulihkan kebugaran tubuh setelah sakit dan mengurangi risiko Anda sakit lagi, seperti dilansir oleh Live Strong (08/01).

1. Buah dan sayur
Setelah sembuh dari sakit pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan segar. Sayur dan buah mengandung antioksidan penting yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh Anda untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilih buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan seperti kismis, blueberry, kubis mini, bayam, dan kale.

2. Protein
Untuk menyembuhkan da memperbaiki bagian tubuh yang rusak, terutama ketika sakit, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti daging ayam, telur, dan ikan. Tapi ingat untuk selalu memilih makanan yang tidak terlalu banyak mengandung lemak atau bumbu. Jangan sampai makanan tersebut mengganggu sistem pencernaan Anda setelah sembuh dari sakit. Jika Anda adalah vegetarian, Anda bisa memilih kacang, selai kacang, atau tahu untuk sumber protein.

3. Probiotik
Meski penyakit kadang disebabkan oleh bakteri jahat, namun tubuh juga membutuhkan bakteri baik untuk bisa bekerja dengan optimal. Peneliti dari University of Michigan Health System melaporkan bahwa makanan probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Banyak jenis yogurt dan keju yang mengandung probiotik natural, begitu juga buah-buahan seperti apel, kacang-kacangan, dan berry. 

4. Air
Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan setelah sakit adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air. Menjaga tingkat cairan tubuh penting setelah sembuh dari sakit. Selain itu, air juga membantu mengeluarkan racun yang ada dalam sistem tubuh Anda. Untuk memenuhi cairan tubuh, selain minum air Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau melon.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah sakit. Penuhi kebutuhan tubuh akan makanan di atas setelah sakit untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu Anda kembali sehat. Selain itu, nutrisi di atas juga membantu Anda mencegah penyakit datang kembali.


Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar