Selasa, 05 Agustus 2014

Diet rendah karbohidrat bikin jantungan?


Dalam metode diet, diet rendah karbohidrat dikenal sebagai jenis diet yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Alasannya adalah bahwa karbohidrat mampu memecah gula menjadi glukosa yang lebih sederhana yang kemudian diserap ke dalam sel-sel darah dengan bantuan insulin. Tapi insulin mencegah pemecahan lemak sehingga lemak pun menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Itulah sebabnya diet rendah karbohidrat dipandang sebagai cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.
Namun ternyata diet ini tidak sepenuhnya sehat. Sebab menurut penelitian yang dilansir dari indiatimes.com, disebutkan bahwa diet ini mampu meningkatkan penyakit jantung.

"Ketika Anda sedang melakukan diet rendah karbohidrat, maka pembentukan lemak di dalam tubuh sangatlah rendah. Padahal lemak sehat diperlukan untuk meningkatkan tekanan darah ke jantung. Sehingga dalam jangka panjang, diet ini mampu berefek pada peningkatan penyakit kardiovaskular," kata penelitian ini.

Tak berhenti sampai di situ saja, penelitian ini juga menemukan diet rendah karbohidrat yang dilakukan secara permanen akan menyebabkan penyakit osteoporosis, gagal ginjal, dan masalah hati. Untuk itulah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengadopsi diet ini.

Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar