Selasa, 05 Agustus 2014

Awas, depresi picu serangan jantung pada wanita muda


Wanita berusia muda sebaiknya waspada dengan stres dan depresi yang dialaminya. Selama ini kebanyakan orang meremehkan stres karena tidak berkaitan langsung dengan fisik. Padahal faktanya, stres dan depresi bukan sekedar penyakit mental namun juga bisa memicu masalah pada tubuh Anda.
Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa wanita muda yang mengalami depresi berkemungkinan terkena serangan jantung dua kali lipat dibandingkan wanita sebaya mereka yang memiliki mental sehat. Selain itu, depresi dan stres yang dialami oleh wanita muda juga bisa meningkatkan risiko mereka meninggal lebih cepat akibat serangan jantung.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa wanita muda dan pertengahan yang berusia di bawah 55 tahun lebih rentan terkena depresi dibandingkan dengan pria atau wanita yang lebih tua. Meski begitu, ketua peneliti Dr Amit Shah dari Rollins School of Public Health di Emory University, Atlanta, tak menunjukkan dengan pasti kaitan antara kelainan mood dengan penyakit jantung.

"Kaitan antara dua hal ini cukup rumit dan kami tengah mencari tahu alasannya dengan lebih jelas. Selama ini peneliti mengetahui bahwa serangan jantung adalah pembunuh nomor satu pada wanita, dan penyakit jantung lebih banyak dimulai sejak usia muda pada wanita," ungkapnya, seperti dilansir oleh Healthy Living (18/06).

Lebih lanjut Dr Shah menjelaskan bahwa kemungkinan besar wanita muda memiliki perbedaan hormon dan cara kerja saraf yang berbeda dengan wanita tua yang membuat mereka merespon secara berbeda terhadap stres dan depresi. Ketika mereka mengalami depresi, secara tak sadar risiko serangan jantung juga naik.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 3.200 pria dan wanita yang memiliki penyakit jantung antara tahun 2003 hingga 2010. Mereka menemukan bahwa wanita muda lebih berisiko terkena depresi. Setiap peningkatan satu poin gejala depresi pada wanita muda, mereka mengalami kenaikan risiko terkena penyakit jantung hingga tujuh persen.

Secara keseluruhan peneliti menemukan bahwa wanita muda yang depresi dan stres memiliki kemungkinan 2,17 kali lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka juga memiliki risiko meninggal 2,45 kali lebih besar jika mengalami stres dan depresi.

Hasil ini membuat kita semua waspada, terutama bagi wanita muda, untuk tidak meremehkan depresi dan stres yang dirasakan. Depresi tak hanya berkaitan dengan kesehatan mental tetapi juga berhubungan dengan kesehatan jantung dan bahkan mempengaruhi risiko kematian Anda!

Sumber: Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar