Kamis, 21 Agustus 2014

4 Tips jika ingin turun berat badan secara drastis

4 Tips jika ingin turun berat badan secara drastis
Meski banyak orang ingin menurunkan berat badan, namun masing-masing orang tentunya memiliki masalah dalam menurunkan berat badan. Salah satunya adalah masalah berapa banyak berat badan yang harus diturunkan. Usaha untuk menurunkan berat badan sebanyak lima kilogram tentunya berbeda dengan usaha untuk menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang saat ini ingin menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar, misalkan di atas 20 kilogram, sebaiknya Anda mencoba beberapa tips berikut ini, seperti dilansir oleh Fit Sugar (20/08).

1. Ketahui bahwa berat badan tak bisa turun dalam semalam
Seringkali yang membuat banyak orang menyerah berdiet adalah kekecewaan. Mereka seolah merasa diet yang dilakukan tak berhasil sehingga berhenti mencoba. Padahal menurunkan berat badan, terutama dalam jumlah yang besar, adalah proses yang panjang dan tak bisa terjadi dalam semalam. Karena itu, sebelum mulai berdiet, jangan berharap yang terlalu berlebihan bahwa berat badan Anda akan turun dengan cepat dalam waktu singkat. Ini akan membuat Anda tetap bersemangat dan tak mudah menyerah untuk menurunkan berat badan.

2. Mulai dari langkah kecil
Ketika ingin menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar, banyak orang yang langsung menargetkan turun berat badan sebanyak 20 kilo dalam waktu sebulan. Jangan lakukan ini. Coba tentukan target kecil yang realistis. Jangan lupa juga untuk memberikan diri Anda reward ketika mencapai target kecil itu. tentu ini bukan berarti Anda akan melupakan tujuan yang besar, tetapi dengan menetapkan target yang lebih kecil secara bertahap, Anda akan lebih termotivasi dan tak mudah menyerah duluan.

3. Tulis jurnal tentang perjalanan diet
Karena target yang sedang Anda tetapkan adalah target kecil yang bertahap, maka tentu Anda harus memperhatikan dan mencatat semua pencapaian yang sudah Anda lakukan. Cek berat badan Anda setiap ulan atau setiap minggu untuk mengetahui sudah sejauh mana Anda menurunkan berat badan. Setiap penurunan berat badan akan membuat Anda lebih termotivasi untuk melakukan diet dalam jangka panjang. Dengan menulis jurnal, Anda juga mengetahui makanan apa saja yang dikonsumsi. berapa kalori yang dikonsumsi, dan lainnya.

4. Jangan lakukan sendirian
Untuk melakukan diet yang tak mudah dalam jangka panjang, Anda membutuhkan orang lain untuk mendukung Anda. Mereka akan membantu meyakinkan Anda untuk tidak menyerah dalam menurunkan berat badan. Katakan pada orang terdekat Anda atau teman anda bahwa Anda sedang berdiet. mereka akan membantu Anda mengontrol diri ketika akan makan banyak di depan mereka.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan yang cukup banyak. Menurunkan berat badan secara drastis memang lebih sulit dibandingkan dengan hanya menurunkan berat badan sebanyak tiga atau lima kilogram. Namun dengan melakukan tips di atas, usaha keras, dan kesabaran, Anda pasti bisa melakukannya!


Sumber : Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar